Powered By Blogger

Minggu, 02 Januari 2011

Nudibranch, Salah Satu Warna-Warni Dunia Laut

  •  Nudibranchs adalah anggota dari satu subordo bertubuh lunak, kerang-kurang laut moluska, yang terkenal karena sering mereka yang luar biasa mencolok warna dan bentuk. Para ilmuwan telah menemukan lebih dari 3.000 spesies kecil ini bergerak pelangi tapi mungkin ribuan lainnya masih harus ditemukan. Mereka bervariasi dalam ukuran dewasa 2-60 cm.


Nudibranchs yang ditemukan di seluruh dunia, tetapi mereka paling produktif dalam air laut hangat dan dangkal. Uniknya Pewarnaan mereka sangat bervariasi, dari warna teredam beberapa mudah untuk mengabaikan jenis lampu neon, badut-seperti penampilan orang lain. Demikian pula, bentuk fisik mereka sangat bervariasi. Salah satu karakteristik yang konsisten adalah "tentakel" di atas kepala yang memungkinkan nudibranchs merasakan, bau dan rasa.

  • Ada sekitar seribu spesies nudibranchs, dan karena penampilan mereka yang sangat beragam hal ini sering tidak mudah bagi para penyelam untuk mengidentifikasi jenis tertentu yang mereka temukan. Banyak forum online bermunculan untuk membantu penyelam dan fotografer bawah laut hanya mengidentifikasi jenis nudibranches mereka telah berhasil spot, serta untuk berbagi dengan mereka menemukan komunitas penggemar Nudibranch.
Pengisi : Fahrissa Adya Hutami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar